Sugeng Rawuh


Sugeng Rawuh

Kita makan untuk hidup
Bukan hidup untuk makan

Rabu, 14 Juli 2010

Juventus FC


Juventus didirikan dengan nama Sport Club Juventus pada pertengahan tahun 1897 oleh siswa-siswa dari sekolah Massimo D'Azeglio Lyceum di Turin, tetapi kemudian berubah nama menjadi Foot-Ball Club Juventus dua tahun kemudian. Klub ini bergabung dengan Kejuaraan Sepakbola Italia pada tahun 1900. Juve memenangi gelar seri-A perdananya pada 1905, ketika mereka bermain di Stadio Motovelodromo Umberto.

Juventus telah bermain memakai kostum berwarna hitam dan putih ala zebra sejak tahun 1903. Aslinya, Juve bermain memakai kostum berwarna pink. Logo resmi berbentuk oval, dengan lima garis vertical, dan banteng yang dibentuk dalam sebuah siluet. Selain itu ditambahkan juga dua bintang yang menggambarkan mereka sebagai satu-satunya klub yang mampu memenagi gelar seri-A 20 kali.
Juve telah memiliki beberapa nama julukan la Vecchia Signora (the Old Lady) Klub ini juga mendapat julukan la Fidanzata d'Italia. Nama lain Juve adalah I Bianconeri dan Le Zebre yang merujuk pada warna seragam Juventus.

Dari 1909 sampai 1922, Juve bermain di Corso Sebastopoli Camp, dan selanjutnya mereka pindah ke Corso Marsiglia Camp dimana mereka bertahan sampai 1933. Di akhir 1933 mereka bermain di Stadio Benito Mussolini yang disiapkan untuk Piala Dunia 1934. Setelah PDII, stadion tersebut berganti nama menjadi Stadio Comunale Vittorio Pozzo. Dari tahun 1990 sampai akhir musim 2005-06, Juve menggunakan Juventus Arena Stadio Delle Alpi, sebagai kandang mereka yang aslinya dibangun untuk Piala Dunia 1990. Agustus 2006 Juve kembali bermain di Stadio Comunale, yang sekarang dikenal dengan nama Stadio Olimpico di Torino, karena stadion Delle Alpi sedang direnovasi.

Juventus mempunyai beberapa rival utama di Italia. Pertama adalah klub sekota, Torino F.C. dimana setiap pertandingan derby versus Juve selalu dijuluki ''Derby della Mole'' (Derby dari Torino) yang berawal sejak 1906. Rival Juve yang lain di Italia adalah Inter, pertandingan Juve vs. Inter dijuluki sebagai Derby d'Italia. Juve juga memiliki rival dengan AC Milan, AS Roma, AC Fiorentina. Sementara untuk kawasan Eropa sendiri, rival utama Juventus adalah Manchester United dan Liverpool dari Inggris, Bayern Munich dari Jerman, dan Real Madrid dari Spanyol.

Juventus adalah klub tersukses di Italia dengan raihan gelar 40 gelar nasional di Italia, dan salah satu klub tersukses di dunia, dengan raihan 11 gelar internasional, dengan raihan rekor 9 gelar UEFA dan dua FIFA. Juventus telah memenangi 27 gelar seri-A, dan menjadi rekor terbanyak sampai saat ini. Mereka juga telah memenangi Piala Italia Sembilan kali, dan menjadi rekor sampai saat ini.
Juventus menjadi satu-satunya klub sepakbola Italia yang telah mendapatkan dua bintang sebagai tanda mereka telah menjuarai seri-A lebih dari 20 kali. Juventus tercatatkan juga sebagai klub pertama dan satu-satunya di dunia yang berhasil memenangi seluruh gelar kejuaraan resmi, yang diakui oleh FIFA. Juventus juga mendapatkan status sebagai World's Club Team of the Year sebanyak dua kali tepatnya pada 1993 dan 1996. Gelar National, juara Seri - A 27 kali, posisi ke2 21 kali. Juara Seri B 1 kali. Juara Coppa Italia 9 kali, juara ke2 4 kali. Juara Supercoppa 4 kali, Juara ke2 3 kali. Piala Kremlin 2 kali.

Gelar Eropa dunia. Juara Liga Champions 2 kali, juara ke2 5 kali. Juara piala winners 1 kali. Juara Piala UEFA 3 kali, juara ke2 1 kali. Piala Intertoto 1 kali. Piala Super Eropa 2 kali. Piala Interkontinental 2 kali, juara ke2 1 kali.

Rekor dan statistik klub:
Alessandro Del Piero memegang rekor sebagai pemain Juve yang paling banyak tampil dalam pertandingan (600 kali sampai 01 Mei 2009). Giampiero Boniperti memegang rekor sebagai pemain yang banyak tampil di seri-A dengan 444 kali penampilan. Alessandro Del Piero memegang rekor sebagai topskor Juve dengan 241 gol sampai 19 Mei 2008, sejak pertama ia bergabung pada 1993.

Pada musim 1933-34, Felice Placido Borel mencetak 31 gol dalam 34 kali penampilan, menjadikan rekor pribadi bagi dirinya dan Juventus dalam satu musim. Ferenc Hirzer menjadi topskor terbanyak dalam satu musim dengan 35 gol dalam 26 penampilan di musim 1925-26. Gol paling banyak tercipta oleh satu pemain adalah 6 gol yang dicapai oleh Omar Sivori ketika Juventus melawan Inter pada musim 1960-61.

Pertandingan resmi perdana yang diikuti oleh Juventus adalah Third Federal Football Championship, melawan Torino FC dimana Juve kalah 0-1. Kemenangan terbesar yang dicetak Juve adalah saat melawan Cento dengan skor 15-0 di ronde kedua Coppa Italia pada musim 1926-27. Di seri-A sendiri, Fiorentina dan Fiumana adalah dua klub yang sempat dikalahkan Juve dengan skor besar, masing-masing klub kalah dari Juve dengan skor 11-0 di musim 1928-29. Kekalahan Juventus terbesar diderita saat mereka menjalani musim 1911-12 AC Milan kalah dengan skor 1-8 dan musim 1912-13 melawan Torino FC dengan skor 0-8.

Si Nyonya Tua memegang rekor sebagai tim dengan produktivitas gol paling besar sepanjang musim, di semua kompetisi, tepatnya pada musim 1992-93 dengan total 106 gol sepanjang musim. Penjualan Zinedine Zidane ke Real Madrid pada 2001 menjadi rekor dunia dengan nilai £46 juta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar