Sugeng Rawuh


Sugeng Rawuh

Kita makan untuk hidup
Bukan hidup untuk makan

Selasa, 03 Agustus 2010

Matahari


Matahari adalah suatu bola gas yg pijar & ternyata tidak berbentuk bulat. Matahari mempunyai katulistiwa & kutub karena gerak rotasinya. Diameter ekuatorialnya 864.000 mil, sedangkan diameter antarkutub 43 mil lebih pendek. Matahari merupakan anggota Tata Surya yg paling besar, karena 98% massa Tata Surya terkumpul pada matahari.

Di samping sebagai pusat peredaran, matahari merupakan pusat sumber tenaga di lingkungan tata surya. Matahari terdiri dari inti & 3 lapisan kulit, masing2 fotosfer, kromosfer & korona. Untuk terus bersinar, matahari, yg terdiri dari gas panas menukar zat hidrogen dgn zat helium melalui reaksi fusi nuklir pada kadar 600 juta ton, dgn itu kehilangan 4 juta ton massa setiap saat.

Matahari dipercayai terbentuk pada 4,6 miliar tahun lalu. Kepadatan massa matahari adalah 1,41 berbanding massa air. Jumlah tenaga matahari yg sampai ke permukaan Bumi yg dikenali sebagai konstan surya menyamai 1.370 watt/meter persegi. Matahari merupakan bintang generasi ke2. Material dari matahari terbentuk dari ledakan bintang generasi pertama seperti yg diyakini oleh ilmuwan, bahwasanya alam semesta ini terbentuk oleh ledakan big bang sekitar 14.000 juta tahun lalu.

Jarak matahari ke bumi adalah 149.669.000 kim (atau 93.000.000 mil). Jarak ini dikenal sebagai satuan astronomi & biasa dibulatkan menjadi 148 km. Gaya tarik matahari kira2 30 kali gaya tarik bumi. Sinar matahari menempuh masa 8 menit untuk sampai ke Bumi. Kuatnya pancaran sinar matahari dapat mengakibatkan kerusakan pada jaringan sensor mata & mengakibatkan kebutaan.

Temperatur di permukaan matahari sekitar 6.000 °C namun ada yg menyebutkan 5.500°C. Temperatur tertinggi terletak di bagian tengahnya yg diperkirakan tidak kurang dari 25 juta°C namun disebutkan juga suhu pada intinya 15 juta°C. Ada pula yg menyebutkan temperatur di inti matahari kira2 sekitar 13.889.000°C. Menurut JR Meyer, panas matahari berasal dari batu meteor yg berjatuhan dgn kecepatan tinggi pada permukaan matahari. Sedangkan menurut teori kontraksi H Helmholz, panas itu berasal dari menyusutnya bola gas. Ahli lain, Dr Bothe menyatakan bahwa panas tersebut berasal dari reaksi2 termonuklir yg disebut reaksi hidrogen helium sintetis.

Karena Matahari tdk berbentuk padat melainkan dalam bentuk plasma, menyebabkan rotasinya lebih cepat di khatulistiwa daripada di kutub. Rotasi pada wilayah khatulistiwa sekitar 25 hari & 35 hari pada wilayah kutub. Setiap putaran mempunyai gravitasi 27,9 kali gravitasi Bumi. Terdapat julangan gas teramat panas yg dapat mencapai hingga beribu bahkan berjuta km ke angkasa. Semburan matahari sun flare ini dapat mengganggu gelombang komunikasi radio, TV & radar di Bumi & mampu merusak satelit/stasiun angkasa yg tdk terlindungi. Matahari menghasilkan gelombang radio, gelombang ultra-violet, sinar infra-merah, sinar-X, & angin matahari yg merebak ke seluruh tata surya.

Bumi terlindungi daripada angin matahari oleh medan magnet bumi, sementara lapisan ozon pula melindungi Bumi daripada sinar UV & inframerah. Terdapat bintik matahari yang muncul dari masa ke masa pada matahari yg disebabkan oleh perbedaan suhu di permukaan matahari. Bintik matahari itu menandakan kawasan yg kurang panas berbanding kawasan lain & mencapai keluasan melebihi ukuran Bumi.

Lidah api yg ada di matahari disebut Prominensa merupakan bagian matahari yg sangat besar, terang, yg mencuat keluar dari permukaan matahari, seringkali berbentuk loop (putaran).

Prominensa terjadi di lapisan photosphere pada matahari & bergerak keluar menuju korona matahari. Jika korona merupakan gas2 yg telah diionisasikan menjadi sgt panas, dinamakan plasma, yg tidak begitu memperlihatkan cahayanya, prominensa berisikan plasma yg lebih dingin.

Prominensa biasanya menjulur hingga ribuan km; yg terbesar & pernah diobservasi terlihat thn 1997 dgn panjang sekitar 350.000 km. Massa di dalam prominensa berisikan material dgn berat hingga 100 miliar ton.

Matahari mempunyai 2 macam gerakan yaitu :
1. Rotasi mengelilingi sumbunya, lamanya 25 1/2 hari 1 kali putaran. Gerakan rotasi dpt dibuktikan dgn terlihat noda hitam di bagian inti yg kadang2 berada di kanan & kira2 2 minggu berada di kiri.
2. Bergerak di antara gugusan2 bintang. Selain berotasi, matahari bergerak diantara gugusan bintang dgn kecepatan 20 km/detik, pergerakan itu mengelilingi pusat galaksi.

Manfaat matahari :
* Matahari mempunyai fungsi yg sgt penting bagi bumi. Energi pancaran matahari telah membuat bumi tetap hangat bagi kehidupan, membuat udara & air di bumi bersirkulasi, tumbuhan bisa berfotosintesis, & banyak hal lainnya.
* Merupakan sumber energi (sinar panas). Energi yg terkandung dalam batu bara & minyak bumi sebenarnya juga berasal dari matahari.
* Mengontrol stabilitas peredaran bumi yg berarti mengontrol terjadinya siang & malam, tahun serta mengontrol planet2 lainnya. Tanpa matahari, sulit dibayangkan kalau akan ada kehidupan di bumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar